Mari Mulai untuk Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Dalam era Milenial seperti sekarang, banyak ibu rumah tangga dan bahkan anak-anak muda yang mulai menyadari pentingnya memiliki tabungan. Menyimpan uang bisa dalam bentuk investasi, giro, tabungan berjangka, saham, atau bahkan properti. Tapi sekarang bentuk save Money investasi jangka panjang, cukup diminati oleh kaum milenial. Banyak ibu-ibu muda melirik tabungan berjangka untuk pendidikan anak-anak mereka, adapula kaum milenial yang tertarik pada asuransi kesehatan dengan double investasi, karena maraknya perusahaan asuransi sekarang yang menawarkan produk mereka yang berbundling investasi dengan masa kontrak jatuh tempo yang berbeda-beda.

Sebenarnya seberapa pentingkah investasi jangka panjang itu? Dalam kondisi ekonomi negara berkembang seperti negara kita ini, sangat penting bagi kita untuk berinvestasi karena ketidakstabilan ekonomi negara berkembang membuat harga bahan-bahan pokok dan biaya hidup jadi semakin naik. Tidak menentunya perekonomian pasti sangat dirasakan oleh golongan wirausahawan. Meski begitu, tidak terkecuali golongan pekerja kantoran juga merasakan akibat dari naik turunnya perkembangan perekonomian negara. Kalau begitu, apa sebenarnya definisi dari investasi jangka panjang itu?

Investasi jangka panjang adalah penanaman sebagian kekayaan modal dari seseorang atau perusahaan terhadap perusahaan atau personal lain untuk mendapatkan penghasilan tetap atau menguasai objek lain tersebut. Adapun makna lain di mana dana tersebut diputar dalam waktu tertentu dan hanya dapat dicairkan dalam masa jatuh tempo kontrak perjanjian suatu investasi janngka panjang.  Tujuan kepentingan sebuah investasi biasanya untuk mendapatkan pasif income, untuk kepentingan ekspansi suat perusahaan atau untuk kepentingan sosial.

Lalu, investasi jangka panjang apa yang sekiranya aman dan banyak diminati orang?Bentuk investasi jangka panjang sangat beragam, baik untuk personal maupun perusahaan. Berikut contoh investasi jangka panjang yang bisa kita jadikan pertimbangan :

  1. Emas

  2. Properti (tanah atau bangunan)

  3. Saham

  4. Reksa dana

  5. Program pensiun

  6. Obligasi/saham

  7. Asuransi

Dari semua bentuk investasi jangka panjang tersebut, pasti memiliki resiko dan keuntungan masing-masing. Ada hal yang perlu diperhatikan saat kita akan memulai investasi jangka panjang kita demi mencapai keuntungan yang kita inginkan. Adapapun yang harus kita perhatikan sebelum memilih bentuk investasi jangka panjang tersebut adalah, komitmen, kesabaran dan pengorbanan. Komitmen kita perlukan demi mencapai masa kontrak jatuh tempo investasi kita, demi keuntungan suku bunga yang diidamkan. Kesabaran kita butuhkan dalam masa jangka waktu yang kita lewati dalam berinvestasi, agar kita tidak mengutak-utik dana tersebut untuk keperluan yang tidak penting hingga masa jatuh temponya tiba. Sedangkan pengorbanan kita butuhkan, untuk mengontrol diri kita sendiri dalam hal konsumerisme agar kita dalam selalu menyisihkan dana kita untuk hal penting terlebih dahulu yaitu untuk investasi.

Bagi ibu-ibu muda milenial, pilihan investasi jangka panjang apa yang mudah dan praktis?Emas adalah jawaban terbaik, karena mudah ditemukan dan dibeli. Namun yang perlu diperhatikan adalah perusahaan penjual emas 24k tersebut dan masa beli serta masa jual emas agar mendapat keuntungan yang maksimal. Misalnya, kita dapat membeli emas antham disaat suku beli emas rendah, lalu mennyimpannya dengan menyewa produk safe deposit box bank dalam jangka waktu tertentu, dan disaat suku jual emas naik, kita dapat menjualnya dan mendapatkan keuntungan berlipat. Pilihan lainnya adalah asuransi kesehatan berbundling investasi. Dalam produk ini, kita dapat menghemat pengeluaran yang membengkak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada keluarga kita. Dalam produk  asuransi kesehatan dan investasi ini, selain mendapat cover kesehatan, dana operasi maupun rawat inap oleh rumah sakit tertunjuk, kita akan mendapat dana investasi yang dapat dicairkan saat masa jatuh tempo tiba. Biasanya manfaat terbaik kita peroleh dalam jangka waktu di atas 5 tahun, 10 atau bahkan 20 tahun. Namun sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih perusahaan asuransi . Pilihlah perusahaan asuransi yang terdaftar di dalam OJK Indonesia, agar keamanan dana kita terjamin jika terjadi sesuatu pada perusahaan asuransi tersebut.

Banyak Bank memiliki produk-produk asuransi juga. Mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan hingga dana pensiun. Asuransi Pendidikan adalah produk investasi jangka panjang lainnya yang dapat dipilih oleh keluarga Indonesia. Dalam asuransi ini, kita menyisihkan dana setiap bulannya, bisa melalui auto debet maupun sistem transfer. Dana yang disetor akan dibekukan dalam jangka waktu kontrak tertentu. Pilihannya mulai dari 2, 3, 6 bahkan 10tahun, hingga usai msa sekolah anak-anak. Dana yang dibekukan tersebut mendapat suku bunga dan dapat dicairkan hanya pada saat masa jatuh tempo saja. Tentu ini sangat memberi manfaat bagi keluarga-keluarga muda yang sulit menabung karena dapat memaksa diri untuk menyisihkan dana asuransi, demi membiayai pendidikan anak-anak hingga masa kuliah nanti.

Bagi eksekutif muda, influencer maupun content creator, investasi jangka panjang yang mudah diambil biasanya dalam bentuk reksa dana, deposito maupun obligasi. Karena selain mudah dipantau, tidak memerlukan jangka waktu jatuh tempo yang panjang. Pilihan jangka waktu yang beragam sangat meringankan dan praktis. Ada juga yang memilih Dana Pensiun, seperti halnya menabung, membekukan dana tertentu dengan suku bunga investasi menjadi jawaban bekal dana darurat dimasa lelah kerja atau melewati batas usia pekerja. Produk dari Dana Pensiun juga dapat ditemukan di berbagai macam perbankan yang ada di Indonesia. Produk ini juga memiliki masa jatuh tempo yang beragam dan lebih singkat, tergantung usia nasabah.

Sedangkan investasi jangka panjang dalam bentuk property dapat diperoleh dari produk pendanaan bank atau transaksi tunai personal. Property sampai saat ini masih sangat menguntungkan dan masih dijadikan investasi jangka panjang yang paling diminati oleh wirausahawan/pengusaha muda. Hal yang perli diperhatikan dalam investasi ini adalah harga tanah dan lokasi bangunan suat property. Ada baiknya membeli tanah yang lokasinya strategis untuk dibangun ruko atau bangunan gudang, agar masanya bangunan itu berdiri, pemilik dapat menyewakan property tersebut sebelum menjualnya di masa harga tanah dan bangunan sedang tinggi. Perawatan berkala juga dibutuhkan dalam hal ini, karena property yang terawat akan menaikkan nilai jual property tersebut. Meski umur bangunan sudah lama, tapi interior dan eksterior yang terawat dengan baik menjadi nilai plus dalam appresial property.

Setelah menentukan dan memperhitungkan semua aspek, jenis, tujuan dan jangka waktu investasi jangka panjang tersebut, kita perlu terus mengelola dana/keuangan pribadi kita lebih ketat lagi. Karena tidak dipungkiri, sekali terjun dalam investasi jangka panjang, akan membuat kita makin tertarik pada hal itu, apalagi jika sudah merasakan hasil dan manfaatnya. Namun, jangan pernah meremehkan hal ini, karena umur kita, kesehatan kita dan juga perekonomian suatu negara tidak dapat kita tebak. Alangah lebih baik mencegah dan memiliki rencana cadangan untuk hidup, daripada terlambat dalam menyusun masa depan untuk hidup yang lebih baik. Selamat mencoba untuk berinvestasi jangka panjang.