Begini Cara Mudah meminjam Uang di Bank

Ada kalanya di satu waktu dalam hidup, kita membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk keperluan yang mendesak. Mungkin ketika itu ada salah satu anggota keluarga yang sakit sehingga butuh biaya pengobatan. Atau mungkin anak kita butuh dana besar untuk biaya pendidikan dan lain-lain. Bisa juga kita membutuhkan uang untuk memulai usaha, atau untuk tambahan modal agar usaha kita lebih berkembang.

Pada situasi tersebut, kemungkinan meminjam uang dari saudara atau teman sulit terkabul karena tidak semua orang memiliki simpanan uang yang akan dipinjamkan begitu saja kepada kita. Kita bisa saja mencari jalan instan lainnya, yakni meminjam uang pada rentenir. Tapi cara tersebut cukup berisiko, bahkan berpeluang merugikan kita di masa yang akan datang.

Maka dari itu, solusi paling mudah dan aman ketika kita ingin mendapatkan dana besar secara cepat adalah dengan meminjam uang ke bank. Meski ada sejumlah prosedur cara meminjam uang di Bank yang harus ditempuh, Anda akan berlega hati ketika telah melewati proses tersebut dan mendapatkan pencairan dana sesegera mungkin. Justru prosedur cara meminjam uang di Bank harus Anda tempuh demi keamanan dan kenyamanan Anda, serta juga untuk keberlangsungan jalinan kerja sama dengan perbankan secara sehat.

Prosedur cara meminjam uang di Bank di setiap bank tidak melulu sama. Misalnya, ketika Anda ingin meminjam uang di Bank Mandiri, mungkin persyaratan dan prosedurnya akan berbeda ketika Anda melakukan peminjaman di Bank BRI. Namun pada dasarnya, prosedur yang ditetapkan di semua bank memiliki prinsip yang sama, yakni memastikan Anda tidak akan terkendala kredit macet ketika nantinya uang pinjaman dicairkan.

Meski berbeda-beda dari segi tata cara teknis dan prosedur, terdapat cara meminjam uang di Bank yang relatif seragam di semua bank, demikian pula dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pengajuan Kredit di setiap bank. Berikut ini tips yang bisa Anda gunakan ketika ingin mengetahui informasi tentang cara meminjam uang di Bank, dan bagaimana agar proses meminjam dana bisa berjalan secara lancar dan aman. Untuk informasi lebih lanjut, mari simak uraian berikut ini:

  1. Pilihlah Lembaga Perbankan yang Aman dan Sesuai Segmentasi

Pada dasarnya, setiap bank baik yang konvensional maupun yang syariah berstatus aman dan diawasi oleh pemerintah. Maka tugas Anda selanjutnya ketika ingin memilih bank untuk mengajukan kredit adalah menyesuaikan dengan kondisi Anda.

Sebab ada bank yang memang khusus membuka program peminjaman dana untuk masyarakat menengah ke bawah, tapi ada juga bank yang berani meminjamkan dana dalam jumlah besar dan bunga yang juga lumayan dengan menyasar peminjam dari kalangan menengah ke atas. Tentu saja cara meminjam uang di Bank dan prosedur yang diberlakukan akan menyesuaikan dengan segmentasi nasabahnya.

Jadi, bank manapun yang Anda pilih, entah itu bank yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta, segeralah cari tahu secara spesifik tentang cara meminjam uang di Bank, lalu persiapkanlah secara matang terkait persyaratan dan pengadaan dokumennya. Semakin matang persiapan, maka peluang dikabulkannya pengajuan dana kredit semakin besar.

  1. Membuat Kartu Kredit

Meski prosedur cara meminjam uang di Bank berbeda-beda, tapi pada dasarnya Anda akan sekaligus harus membuat kartu kredit jika ingin melakukan peminjaman dana. Seperti diketahui, kartu kredit merupakan salah satu produk perbankan yang kerap diandalkan oleh sebagian orang untuk melancarkan ragam transaksi barang dan jasa. Lebih jauh, kartu kredit bisa membantu dunia usaha dalam melancarkan perputaran modal karena pengadaan dana dijamin oleh perbankan.

  1. Berlaku Jujur dan Transparan Ketika Memulai Pengajuan

Ada sejumlah prosedur cara meminjam uang di Bank. Di antaranya Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen agar proses peminjaman dana berlangsung aman dan sehat untuk kedua belah pihak. Ketika Anda mengajukan peminjaman dana, mula-mula pihak perbankan akan terlebih dahulu memastikan bahwa Anda benar-benar dapat dipercaya untuk memegang kartu kredit.

Cara mendeteksinya tidak dengan cara menebak-nebak seperti dukun atau cenayang, tapi menyuguhkan sejumlah indikator dan kriteria yang harus Anda penuhi dengan percaya diri. Silakan melengkapi berkas dan dokumen yang diminta tanpa banyak alasan. Silakan pula menjawab pertanyaan apa saja yang diajukan dengan jujur serta penuh percaya diri.

Nah, jika dalam prosesnya Anda dirasa siap dan mampu mendapatkan pencairan dana pinjaman dengan memenuhi sejumlah prosedur, maka maka pengajuan Anda akan segera dikabulkan.

  1. Perhatikan Rekam Jejak Anda

Selain kecocokan dari segi karakter, cara meminjam uang di Bank agar mudah dan lancar adalah dengan memperhatikan rekam jejak Anda. Bersikaplah terbuka ketika pihak perbankan ingin mengetahui rekam jejak Anda khususnya dalam urusan kredit.

Jika terdeteksi Anda memiliki riwayat kredit macet, jangan segera pesimis pengajuan Anda akan ditolak. Jelaskanlah secara gamblang alasannya sehingga perbankan bisa memakluminya. Nah, jika penjelasan Anda bisa diterima, mungkin Anda bisa saja mendapatkan dana pinjaman sebagaimana diharapkan.

  1. Menganalisis Kemampuan Bayar

Ketika berniat meminjam uang di bank, Anda harus melakukan pemikiran jangka panjang, di mana Anda harus secara mandiri menganalisis kemampuan bayar, agar Anda tidak terbebani bunga pinjaman yang menumpuk, lantas terkena riwayat kredit macet. Pastinya pihak perbankan juga akan menganalisisnya. Tapi menganalisis kemampuan bayar secara mandiri juga akan memudahkan Anda dalam menalcarkan proses pengajuan dana pinjaman ke bank.

Seperti diketahui, sebagai penyedia dana pinjaman, pihak perbankan harus memastikan bahwa Anda selalu siap melakukan pembayaran sesuai jatuh tempo. Atau jika pun terprediksi terjadi kendala mendadak ketika pembayaran kredit, Anda telah siap dengan jaminan yang setara.

Maka dari itu, perhatikanlah penghasilan regular Anda sebelum mengajukan kredit, jangan sampai besar pasak dari pada tiang alias besar pengeluaran Anda, tapi pemasukan minim. Kelancaran Anda dalam membayar kredit akan sangat penting sehingga kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan.

Demikianlah informasi tentang cara meminjam uang di Bank yang harus Anda perhatikan. Ketika Anda merasa belum bisa memenuhi syarat yang diajukan oleh bank, Anda hendaknya tidak memaksakan kehendak. Sebagai contoh, ketika Anda belum memiliki slip gaji atau usaha yang mapan, sementara perbankan meminta hal tersebut, Anda jangan lantas berani melakukan pemalsuan dokumen. Sebab itu justru akan merugikan diri Anda sendiri dan membuat kredibilitas Anda cacat di mata bank.

Jadi, ketika Anda belum bisa memenuhi persyaratan tersebut, Anda bisa mengganti rencana, misalnya dengan meminjam uang kepada keluarga maupun saudara yang dirasa mampu. Anda juga bisa mendapatkan dana dengan menggadaikan barang ke pegadaian atau lembaga gadai terpercaya lainnya.

Pada intinya, cara meminjam uang di Bank memang harus dibarengi dengan sejumlah persiapan dari segi prosedur maupun kesiapan Anda untuk membayarnya sesuai jatuh tempo. Jadi ketika Anda belum bisa memenuhinya, Anda jangan sampai memaksakan diri, sebab meminjam uang di bank bukanlah satu-satunya cara menyelesaikan urusan duniawi.

Ada beribu-ribu jalan halal lainnya yang bisa Anda tempuh sebagai solusi pengadaan dana cepat, misalnya dengan melakukan gadai, atau meminjam uang pada orang terdekat yang mampu. Apapun ikhtiar yang Anda lakukan, jangan sampai terjerumus pada praktik penipuan, berinteraksi dengan rentenir, apalagi melakukan pemalsuan dana.